DESAIN PEMODELAN GRAFIK

ABSTRAKSI.

Untuk kesempatan kali ini saya akan  sedikit jelaskan apa itu Desain Pemodelan Geafik. DESAIN PEMODELAN GRAFIK teridiri dari tiga kata yaitu DESAIN, PEMODELAN, dan GRAFIK.graphic design

Pertama saya bahas pengertian desain. Menurut situs upamy’s blog, DESAIN merupakan seni terapan, arsitektur, dan berbagai pencapaian kreatif lainnya. Dalam kata kerja, “desain” memiliki arti “proses untuk membuat dan menciptakan obyek baru”. Sedangkan dalam kata benda, “desain” digunakan untuk menyebut hasil akhir dari sebuah proses kreatif, baik itu berwujud sebuah rencana, proposal, atau berbentuk obyek nyata.
Kedua masuk dalam pemodelan , Pemodelan merupakan pembuatan atau menciptakan suatu objek, baik itu objek 2D ataupun 3D yang membuat dan mendesain obyek tersebut sehingga terlihat seperti hidup. Sesuai dengan obyek dan basisnya, proses ini secara keseluruhan dikerjakan di komputer. Melalui konsep dan proses desain, keseluruhan obyek bisa diperlihatkan secara 3 dimensi, sehingga banyak yang menyebut hasil ini sebagai pemodelan 3 dimensi.
Dan terakhir adalah grafik. Apa sih yang di sebut GRAFIK?.. Grafik merupakan suatu bentuk komunikasi visual yang menggunakan gambar untuk menyampaikan informasi atau pesan seefektif mungkin. Dalam desain grafis, teks juga dianggap gambar karena merupakan hasil abstraksi simbol-simbol yang bisa dibunyikan.

Penerapan desain grafis biasanya diterapkan dalam desain komunikasi dan fine art. Seperti jenis desain lainnya, desain grafis dapat merujuk kepada proses pembuatan, metoda merancang, produk yang dihasilkan (rancangan), atau pun disiplin ilmu yang digunakan (desain).

Pada awalnya desain grafis hanya diterapkan pada buku, majalah, brosur.. seiring berkembangnya zaman, desain grafis merambat pada media elektronik yang sering kita sebut sebagai desain multimedia.

Jadi, desain pemodelan grafik adalah suatu ilmu yang mempelajari tentang teknik membuat sebuah objek, memanipulasi gambar dan membuat sebuah gambar dapat terlihat seperti nyata. Dimana proses itu dikerjakan dalam komputer.

 

TUJUAN.
– Unsur dan prinsip  dari desain pemodelan grafik.
– software pendukung desain grafis.

 

Unsur dan prinsip desain grafis

Unsur dalam desain grafis meliputi unsur-unsur sebagai berikut :
-shape
-bentuk (form)
-tekstur
-garis
-ruang
-dan warna

Semua unsur yang terdapat dalam desain grafis tadi membentuk prinsip-prinsip dasar desain visual. Prinsip-prinsip tersebut yaitu :
-keseimbangan (balance)
-ritme (rhythm)
-tekanan (emphasis)
-proporsi (“proportion”)
-dan kesatuan (unity)
yang semua prinsip itu kemudian membentuk aspek struktural komposisi yang lebih luas.

 

Software pendukung desain grafis

Dizaman sekarng ini banyak sekali software pendukung desain grafis, mulai dari untuk desain 2D maupun untuk desain 3D. Para develop software pendukung desain berlomba lomba membuat software yang mudah digunakan dan interface yang baik untuk pengguna. Library pada setiap software memberikan keunggulannya masing-masing terhadap software lainnya. Para pengguna tinggal memilih software yang nyaman untuk memenuhi pendukung kebutuhan desain grafis. ada banyak contoh software pendukung desain grafis.

untuk desain grafis 2D ada Macromedia Flash, CoRETAS, Corel R.A.V.E., After Effects, Moho, CreaToon, ToonBoom, Autodesk Animaton (1990-an) dll

Untuk Software Animasi 3 Dimensi ada Blender, 3D max, Maya, Maxon Cinema 4 D, LightWave, Softlmage, Poser, Motion Builder, Hash Animation Master, Wings 3D, Carrara, Infini-D, Canoma dll

 

 

 

Sumber :
http://upamy.blogspot.com/2010/02/disain-pemodelan-grafik.html
http://farhan-boank.blogspot.com/2012/10/normal-0-false-false-false-in-x-none-x.html

Leave a comment